You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karyalaksana
Desa Karyalaksana

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di website Resmi pemerintahan Desa Karyalaksana, kami siap melayani dengan sepenuh hati

MUSYAWARAH DESA PERALIHAN PENGURUS BUMDES DAN PEMBENTUKAN UNIT USAHA BUMDES

Aa Robi 06 Desember 2021 Dibaca 248 Kali
MUSYAWARAH DESA PERALIHAN PENGURUS BUMDES DAN PEMBENTUKAN UNIT USAHA BUMDES

PPID Karyalaksana – Senin (06/12/2021) bertempat di kantor Desa Karyalaksana diselenggarakan musdes Peralihan pengurus BUMDes dan pembentukan unit usaha BUMDes. Musdes dihadiri oleh Pendamping Desa Kecamatan Ibun, Kepala Desa Karyalaksana beserta perangkatnya dan ketua BPD beserta anggotanya, serta Ketua RW se-Desa Karyalaksana. Musdes dimulai pukul 09.00 WIB.

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan BUMDes ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Kepala desa Aep Juli Kartika Nugraha menyampaikan bahwa dalam peralihan kepengurusan BUMDes ini merupakan langkah awal untuk memajukan perekonomian Desa, “saya berharap terbentuknya kepengurusan yang baru masa bakti 2022-2027 dapat mampu memajukan perekonomian Desa.” Dengan desa memiliki unit usaha sendiri sehingga keuntungan yang didapat nanti dapat bermanfaat untuk masyarakat juga sebagai operasional usaha tersebut. Apabila nanti Dana Desa sudah tidak ada, dalam jangka 4 – 5 tahun BUMDes sudah berkembang sehingga desa tidak kebingungan dengan sumber dana untuk pembangunan desa. Pada tahun 2022 nanti Dana Desa akan sedikit dikurangi untuk penyertaan modal BUMDes.

PD Kecamatan Ibun Ahmad Husaeni, S.Pd. menyampaikan dalam sambutannya BUMDes dibentukan berdasarkan kebijakan PP 11 Tahun 2021 tentang BUMDes. Dengan terbentuknya BUMDes dimasing-masing desa diharapkan dapat membantu mempercepat pertumbuhan Ekonomi di Desa. Dengan begitu desa tidak bergantung pada dana yang bersumber dari pemerintah pusat. Harapan peralihan pengurus BUMDes yaitu adanya target kedepannya yang akan dicapai dan jenis kegiatan usahanya. BUMDes dibentuk dengan menggali potensi desa, misalnya dibidang UMKM.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image